Jumat, 04 April 2008

Rematik Tak Hanya Serang Persendian

Rematik identik dengan penyakit lansia , meski tak disangkal juga dapat menyergap orang muda . Terdapat berbagai macam kondisi secara umum yang dapat dinyatakan sebagai rematik.
Berbagai sasaran serangan rasa sakit, rematik dibedakan menjadi rematik sendi , yang meliputi arthritis rheumatioid, arthritis gout dan ostreoartritis. Juga ada rematik yang menyerang di luar sendi, yakni fibrositis.
Artritis rheumatoid lebih dikenal dengan encok. Gangguan ini terjadi karena adanya penumpukan asam urat (purin) pada sendi. Sedang arthritis gout merupakan radang pada jari kaki, hal ini juga disebabkan oleh metabolisme asam urat, serangannya terasa secara bergelombang.
Osteoartritis merupakan penyakit sendi karena penuaan tulang. Karena hilangnya lapisan tulang rawan, maka kedua tulang akan saling berdekatan dan menimbulkan rasa nyeri saat bergerak.
Sedang fibrisitis merupakan rasa nyeri dan pegal pada otot yang disebabkan factor luar seperti cuaca .
Rematik menyerang pria maupun wanita,tapi paling sering terjadi adalah padas lansia. Selain ditunjukan dengan rasa lelah, kaku pada persendian, ketegangan otot juga disertai rasa nyeri. Gejala ini dapat dikurangi dengan olahraga ringan secara teratur.
Salah satu racikan herbal yang direkomendasikan Drs Bambang Mursito Apt MSi dalam sehat di Usia Lanjut dengan Ramuan Tradisional berbahan 10 kuntum sengkeh , 10 biji lada, 30 gram daun belimbing wuluh muda dan cuka secukupnya. Setelah dicuci dan dipotong-potong kecil semua bahan direbus dengan segelas air dan cuka secukupnya . Gunakan airnya untuk mengoles bagian yang sakit.

Tidak ada komentar: