Jumat, 04 April 2008

Pembentukan Tulang Selama 25 Tahun

Ada pendapat negatif, usia bertambah tua maka akan menjadi gudang penyakit . Memang tak dipungkiri, sejalan dengan bertambahnya usia maka akan terjadi penurunan berbagai fungsi tubuh. Tapi meski proses penuaan tak dapat dielakkan , namun dapat diperlambat sehingga dapat memperpanjang usia.
Salah satu gejala penuaan yang paling terasa terjadi pada tulang. Setelah seseorang menginjak usia 25tahun, maka proses pembentukan tulang yang dimulai sejak berada dalam kandungan , akan terhenti setelah itu akan terus terjadi proses penurunan kepadatan tulang.
Pengroposan tulang dapat digolongkan sebagai penyakit yang ditandai dengan hilangnya sel tulang secara berlebihan sehingga kepadatannya menurun.
Keadan ini sebagai akibat melarutkan kalsium kedalam cairan sel, sehingga dalam tulang terdapat rongga atau dengan kata lain keropos.
Proses pengroposan tulang pada setiap orang berbeda-beda sesuai dengan beberapa orang berbeda-beda sesuai dengan beberapa factor yang mempengaruhi . Selain karena proses penuaan alami , dapat juga disebabkan oleh kerangka tulang yang kecil.
Dibanding pria, wanita lebih rentan terkena keropos tulang terutama setelah menopause. Dari hasil penelitian diketahui, wanita memiliki risiko enam kali lebih besar terkena osteoporosis.
Secara tradisional, moyang kita mengatasi pengeroposan tulang menggunakan racikan 3 butir bawang putih dan 5 lembar kumis kucing. Kedua bahan ini direbus dengan segelas air bersih hingga mendidih. Setelah dingin disaring, hasilnya diminum sekaligus dengan ditambah 1 sendok makan madu. Lakukan cara ini setiap pagi hingga badan terasa segar.

Tidak ada komentar: