Jumat, 04 April 2008

Kecubung, Jagoan Melawan Asma

Tanaman ini banyak dijumpai di berbagai daerah di tanah air. Siapa yang kenal kecubung? Tapi nama itu beken di Jawa. Didaerah lain, kecubung disebut dengan kacubu, bulutuh, kacubung dan kapentungan.
Sudah lama moyang kita mengandalkan kecubung untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Tiga gangguan kesehatan yang lazim menyerang manusia seperti asma, bisul dan pegal linu dapat diembat dengan kecubung.
Untuk mengatasi asma, ambil ½ genggam daun kecubung, jemur hingga kering kerontang, ditumbuk hingga menjadi bubuk, gunakan sebagai bumbu rokok.
Sedang untuk mengobati bisul, ambil 4 lembar daun kecubung segar, digiling hingga lembut, dibubuhi kapur sirih dan sedikit air. Setelah dicampur rata digunakan untuk menurap kulit yang sakit. Lakukan cara ini dua kali sehari atau sesuai yang diperlukan.
Pegal linu dapat diatasi dengan daun kecubung secukupnya, dicampur dengan bawang merah dan jahe, ditumbuk hingga lembut, lalu detempelkan pada bagian tubuh yang terasa pegal.
Daun dan buah kecubung mengandung zat berbisa. Namun daun kecubung dan kapur sirih yang dilumatkan dapat digunakan untuk mengobati encok atau rematik. Sementara untuk mengobati eksem, gunakan 30 gram daun kecubung, minyak kelapa secukupnya. Daun kecubung ditumbuk dengan diberi minyak kelapa, lalu dipanaskan hingga suam-suam kuku, kemudian digunakan untuk mengolesi bagian yang terasa gatal.

Tidak ada komentar: