Jumat, 04 April 2008

Bahan Sayur Penghadang Kanker

Hampir setiap orang pernah makan wortel, sebab bahan sayur ini terdapat di banyak olahan. Wortel (Daucus carota linn) adalah bahan sayur yang banyak mengandung antioksidan. Kaya akan betakaroten, yakni antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghambat proses penuaan dini.
Terna semusim ini dapat tumbuh mencapai tinggi 1,5 meter. Tumbuh baik di daerah dingin atau ketinggian antara 500 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Suka tumbuh di tanah gembur berpasir yang kaya akan bahan organic.
Wortel berbatang pendek merupakan sekumpulan tangkai daun yang keluar dari pangkal umbi. Daun majemuk ganda, bunga berkumpul dalam paying, berbuah buni berwarna coklat. Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan sayur adalah umbinya yang berdaging dan berwarna oranye.
Selain betakaroten, wortel mengandung banyak nutrisi antikanker, gula alamiah, kalsium, fosfor, besi, vitamin B dan vitamin C. Karena itu wortel bermanfaat untuk menghadang kanker, mengobati hipertensi, cegah stroke dan rabun senja.
Menurut Dr setiawan Dalimartha dalam bukunya tentang pengobatan terhadap kanker, terlalu banyak minum jus wortel menyebabkan warna kulit menjadi kuning, namun keadaan ini tak berbahaya.

Tidak ada komentar: